Kamis, 12 Januari 2012

GURU, PESERTA DIDIK, DAN PEMBELAJARAN

GURU, PESERTA DIDIK, DAN PEMBELAJARAN
Peran Guru :
*      memperhatikan dan bersikap positif;
*      mempersiapkan baik isi materi pelajaran maupun praktek pembelajarannya;
*      memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap siswanya;
*      memiliki sensitivitas dan sadar akan adanya hubungan antara guru, siswa, serta tugas masing-masing;
*      konsisten dan memberikan umpan balik positif kepada siswa.
Peran Siswa :
*      tertarik pada topik yang sedang dibahas; 
*      dapat melihat relevansi topik yang sedang dibahas; 
*      merasa aman dalam lingkungan sekolah; 
*      terlibat dalam pengambilan keputusan belajarnya; 
*      memiliki motivasi; 
*      melihat hubungan antara pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan pengalaman belajar yang akan dicapai.  
Tugas pembelajaran :
*       spesifik dan dapat dikelola dengan baik
*      kemampuan yang dapat dicapai dan menarik bagi siswa
*      secara aktif melibatkan siswa
*      bersifat menantang dan relevan bagi kebutuhan siswa


 
Variabel-variabel dalam memilih bentuk pembelajaran
Sejumlah variabel sebaiknya dijadikan pertimbangan ketika guru menyeleksi model pembelajaran, strategi, dan metode-metode yang akan digunakan. Variabel-variabel tersebut di antaranya :
*       hasil dan pengalaman belajar siswa yang diinginkan;
*       urutan pembelajaran (sequence) yang selaras : deduktif
  atau induktif;
*       tingkat pilihan dan tanggung jawab siswa (degree);
*       pola interaksi yang memungkinkan;
*       keterbatasan praktek pembelajaran yang ada.
KERANGKA KERJA PENGAJARAN



Description: Description: gambar2















Model-model Pembelajaran
  1. Model menggambarkan tingkat terluas dari praktek pendidikan dan berisikan orientasi filosofi pembelajaran.
  2. Model digunakan untuk menyeleksi dan menyusun strategi pengajaran, metode, keterampilan, dan aktivitas siswa untuk memberikan tekanan pada salah satu bagian pembelajaran (topik konten).
  3. Joyce dan Weil (1986) mengidentifikasi empat model yakni (a) model proses informasi, (b) model personal, (c) model interaksi sosial, dan (d) model behavior.
Strategi Pembelajaran
  1. Dalam setiap model terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan.
  2. Menurut arti secara leksikal, strategi adalah rencana atau kebijakan yang
  3. dirancang untuk mencapai suatu tujuan.
  4. Dengan demikian strategi mengacu kepada pendekatan yang dapat dipakai oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Strategi dikelompokkan menjadi strategi langsung (direct), strategi tidak langsung (indirect), strategi interaktif (interactive), strategi melalui pengalaman (experiential), dan strategi mandiri (independent).
Metode-metode Pembelajaran
  1. Metode digunakan oleh guru untuk mengkreasi lingkungan belajar dan menkhususkan aktivitas di mana guru dan siswa terlibat selama proses pembelajaran berlangsung.
  2. Biasanya metode digunakan melalui salah satu strategi, tetapi juga tidak tertutup kemungkinan beberapa metode berada dalam strategi yang bervariasi, artinya penetapan metode dapat divariasikan melalui strategi yang berbeda tergantung pada tujuan yang akan dicapai dan konten proses yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.
Keterampilan-keterampilan pembelajaran
  1. Keterampilan merupakan perilaku pembelajaran yang sangat spesifik.
  2. Di dalamnya terdapat teknik-teknik pembelajaran seperti teknik bertanya, diskusi, pembelajaran langsung, teknik menjelaskan dan mendemonstrasikan.
  3. Dalam keterampilan-keterampilan pembelajaran ini juga mencakup kegiatan perencanaan yang dikembangkan guru, struktur dan fokus pembelajaran, serta pengelolaan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar