Kamis, 12 Januari 2012

Pengaruh Teknologi Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan dan Pelatihan


Pengaruh Teknologi Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan dan Pelatihan

Tidak dapat disangkal bahwa teknologi merupaka suatu “kawasan” yang dapat membantu memecahkan persoalan kehidupan umat manusia dari masa ke masa. Dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik banyak dihadapkan pada aneka ragam jenis dan produk teknologi, baik yang dijumpai, dimanfaatkan, dialami, maupun yang dinikmati. Menghadapi situasi dan kondisi seperti ini, peserta didik di jenjang pendidikan dasar perlu diarahkan dan dibekali pendidikan teknologi guna menuju masyarakat yang “melek teknologi”, yaitu bercirikan mampu mengenal, mengerti, memilih, menggunakan, memelihara, memperbaiki, menilai, menghasilkan produk teknologi sederhana, dan peduli terhadap masalah yang berkaitan dengan teknologi.
Maka bagi lembaga pendidikan dan pelatihan yang langsung melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran, perlu kiranya menerapkan teknologi pendidikan secara sistematis dengan cara mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari kegiatan belajar-mengajar dalam betuk tujuan pembelajaran yang spesifik, dan dengan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Dan perlu ditekankan bahwa Teknologi Pendidikan dapat dilihat sebagai bidang yang mempunyai perhatian khusus terhadap aplikasi, meskipun prinsip dan prosedurnya berdasar teori. Kawasan Teknologi pendidikan telah berkembang melalui pergulatan antara pengaruh nilai, penelitian, dan pengalaman dalam pembelajaran.
Untuk itulah, dalam kesempatan ini penulis akan membahas seputar pengaruh teknologi pendidikan dalam lembaga pendidikan dan pelatihan. Semoga dengan pembahasan ini kita dapat merumuskan bagaimana sebenarnya posisi teknologi pendidikan/pembelajaran dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah.
 zaman sekarang ini. Teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat. Teknologi bisa di jumpai dan di pakai oleh setiap masyarakat. contohnya saja internet . akses internet sekarang bisa di gunakan oleh siapa saja dan dimana saja. Perkembangan dan penggunaan teknologi juga mempengaruhi proses pembelajaran siswa/mahasiswa dalam proses pembelajaran. Perkembangan teknologi khususnya di bidang pendidikan dapat memeju motivasi siswa/mahasiswa agar lebih unggul dan lebih maju dalam penggunaan teknologi.
Motivasi dalam pendidikan juga dapat mempengaruhi penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran yang di langsungkan. Motivasi berguna untuk menyemangatkan siswa yang menyerah dan putus asa dalam kemajuaan teknologi yang terjadi. Tanpa di sadari ada juga dari beberapa siswa yang langsung mengangap dirinya tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan . dan di sini lah guna motivasi.
Penggunaan teknologi yang berkembang dalam pendidikam dan proses pembelajraan , sedikit banyaknya membawa perubahan yang positif dan negative. Contohnya saja yang berkembang saat ini di dalam pembelajaran ialah internet. Internet memiliki dampak positif dan negative dalam penggunaan nya. Menurut Rosenberg (2001),penggunaan teknologi dan komunikasi khususnya di bidang pendidikan ada terjadi lima penggeseran di dalam proses pembelajaraan yaitu
· Pergeseran dari pelatihan ke penampilan,
· Pergeseran dari ruang kelas ke di mana dankapan saja,
· Pergeseran dari kertas ke “on line” atau saluran,
· Pergeseran fasilitasfisik ke fasilitas jaringan kerja,
· Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata
Di dalam menghadapi perkembangan teknologi siswa di tuntut untuk lebih kreatif lagi dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang. Bukan hanya siswa yang di tuntut untuk lebih kreatif, tetapi guru atau dosen juga di tuntut agar lebih memahani segala yang ada. Sekarang saja internet menjadi suatu hal yang banyak di gunakan dalam proses pembelajaran. Saya saja, dalam proses perkuliahan banyak menggunakan internet sebagai media pmbelajaran. Bukan sebagai factor utama , tetapi internet dapat memudahkan dalam belajar. Banyak juga materi kuiah yang harus di download dari internet . contohnya saja di dalam materi kuliah psikologi pendidikan di dalam materi nya ada di tuntut agar seorang mahasiswa memiliki sebuah blog. Di sini lah mahasiswa di tuntut agar lebih up to date. Dengan kemajuan teknologi yang pesat dalam pendidikan , sekarang Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.
E-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang belandaskan tiga kriteria yaitu:
· E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi,
· Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar,
Pada saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran yang berbasis TIK seperti: CBT (Computer Based Training), CBI (Computer Based Instruction), Distance Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning Environment), Desktop Videoconferencing, ILS (Integrated Learning Syatem), LCC (Learner-Cemterted Classroom), Teleconferencing, WBT (Web-Based Training).
Teknologi yang berkmbang pesat saat ini ,pasti memiliki dampak positif maupun dampak negatifnya. Dampak positif nya dalam bidang pendidikan dan proses pembelajaran ialah , pengajaran dan proses belajar mengajar lebih efektif dan kita pun dapat lebih up to datae dalam mendapatkan informasi yang ada, dampak negatfnya di antaranya , sering di salah gunakan untuk melakukan kegiatan yang di anggap tak pantas di lakukan. Perkembangan penggunaan teknologi dalam pendidikan juga saya rasakan . yang awalnya saya tidak begitu pandai menggunakan internet, sekarang saya bisa menggunakannya , itu pun termotivasi karena perubahan Zaman sekarang yang yang semuanya serba canggih. Mulai dari tugas kuliah pun melalui internet . dan dapat di simpulkan bahwa di zaman sekarang kita harus lebih memanfaatkan tekniologi yang ad dan harus bisa dalam penggunaanya. Karena kalau tidak kita akan ketinggalan zaman. Dan kita juga bisa memulai pembelajaran dengan e-learning di proses pembelajaran kita .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar