Kamis, 12 Januari 2012

Media Buku dan Modul

Pengertian Buku
¨  Buku adalah merupakan sumber belajar yang dibuat untuk keperluan umum.
¨  Biasanya seseorang membaca buku masih membutuhkan bantuan orang lain (guru atau orang tua) untuk menjelaskan kandungannya.
¨  Dilihat dari segi pnyajian pesannya, buku cenderung informatif dan lebih menekankan pada sajian materi ajaran dengan cakupan yang luas dan umum.
Karakteristik buku teks
¨  buku teks adalah sekumpulan tulisan yang disusun secara sistematis;
¨  berisi materi  suatu bidang studi/mata kuliah tertentu;
¨  menggunakan acuan kurikulum yang berlaku;
¨  berdasarkompetensi yang harus dikuasai oleh pembaca (mahasiswa);
merupakan buku pegangan mahasiswa;
¨  sebagai sumber pembelajaran (instruksional);
¨  merupakan buku standar;
Nilai Lebih Buku Teks bagi Guru
¨  memuat materi bahan ajar
¨  memuat masalah-masalah terpenting
¨  memuat alat bantu pengajaran, misalnya gambar, skema, diagram, dan peta.
¨  merupakan rekaman yang permanen yang memudahkan untuk mengadakan review di kemudian hari.
¨  memuat bahan ajar yang seragam
¨  memuat bahan ajar yang relatif telah tertata menurut sistem dan logika tertentu.
¨  membebaskan guru dari kesibukan mencari bahan ajar
Ciri Buku Berkualitas

         menarik minat siswa
         mampu memberikan motivasi
         memuat ilustrasi yang menarik
         mempertimbangkan aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa
         dapat menstimuli, merangsang aktivitas-aktivitas pribadi  
Pengertian Modul
                        Modul adalah bahan belajar yang dirancang secara sistematis berdasarkan kurikulum tertentu dan dikemas dalam bentuk satuan pembelajaran terkecil dan memungkinkan dipelajari secara mandiri dalam satuan waktu tertentu.
Purwanto, dkk (2007)
Ciri  Buku berkualitas
¨  Berbentuk unit pengajaran terkecil dan lengkap
¨  Berisi rangkaian kegiatan belajar yang dirancang secara sistematis
¨  Berisi tujuan belajar yang dirumuskan secara jelas dan khusus
¨  Memungkinkan siswa belajar mandiri
¨  Merupakan realisasi perbedaan individual serta perwujudan pengajaran individual
Nana Sujana & Ahmad Rifai
Perbedaan buku teks dan modul
No
Buku teks
Modul
1
Untuk keprluan umum atau tatap muka
Dirancang untuk sistem pembelajaran mandiri
2
Bukan merupakan bahan belajar yang terprogam
Progam pembelajaran yang utuh dan sistematis
3
Lebih menekankan sajian materi ajar
Mengandung 7an/kegiatan dan evaluasi
4
Cenderung informatif, searah
Disajikan secara komunikatif, 2 arah
5
Menekankan fungsi kajian materi/informasi
Dapat mengganti beberapa peran pengajar
6
Cakupan materi lebih luas/ umum
Cakupan bahasan terfokus dan terukur
7
Pembaca cenderung pasif
Mementingkan aktifitas belajar pemakai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar